Aku Cepat Membaca (ACM) Plus

G. Penerapan Metode ACM

Program ini sudah diaplikasikan di beberapa kota dan propinsi, antara lain : Jember, Nusa Tenggara Timur, dan Malang. Saya pun turut berpartisipasi dalam penerapan program ini di Kabupaten Malang. Metode ACM diaplikasikan sebagai Pilot Project Penuntasan Buta Aksara kerjasama dengan Bapeda Pemprov Jatim. Penerapan metode ini dilaksanakan di lima desa, yakni Desa Sidorahayu dan Sitirejo, Kecamatan Wagir; Desa Putatlor, Kecamatan Gondanglegi; Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji; dan Desa Kucur, Kecamatan Dau.

Pelaksanaan Program Percepatan Penuntasan Buta Aksara dengan Model ACM Plus ini diujicobakan pada 300 warga belajar yang buta aksara. Setelah 10 hari pembelajaran dengan metode ACM, warga sudah mulai mahir Membaca, Menulis dan Berhitung. Sekarang warga belajar sedang menjalani masa pelestarian, yakni program mandiri dari desa berupa pelatihan ketrampilan yang bernuansa keaksaraan agar warga tidak buta aksara lagi.

Semoga Program ini dapat dikembangkan dan diaplikasikan di seluruh Indonesia agar semua warga buta aksara yang ada di Indonesia dapat Melek Aksara. Program ini pun dinyatakan efektif dan efisien oleh Bapeda Pemprov Jatim.

Terimakasih untuk Mbak Soraya, Pak sopingi dan Kartika Eka Paksa.

5 Comments

5 thoughts on “Aku Cepat Membaca (ACM) Plus

  1. iwan

    salam kenal.
    selamat utk anda, saya sbg TKM desa Karangduren berharap agar progr ini ada lanjutannya/pelestarian. sehingga WB tidak kembali buta aksara. juga saya harap agar bagi sisa calon WB di desa kami juga dapat dibantu dg program ini….wassalam.

  2. alhamdulillah….

  3. Zahra

    asyiiikk

  4. maya

    Sukses buat mbak Nur Tsuroyah yang telah memperkenalkan dan mengembangkan metode ACM… semoga bisa memberikan manfaat bagi orang banyak dan dilegalkan untuk digunakan ya. Amin

  5. Salam kenal,,nama saya bintang, mahasiswa PLS UM angkatan 2009, mohon info tentang bagaimana sih penerapan metode ACM bagi program penuntasan buta aksara, karena Metode tersebut sangat menarik untuk bisa di terapkan pada program keaksaraan di Lapas Klas 1 Lowokwaru malang, yang nantinya akan saya gunakan dalam skripsi saya,,terimakasih,,^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: